Wednesday, March 7, 2018

Pengertian Kepramukaan & Kepanduan | Pemburu Keong

Assalamu’alaikum wr. Wb

Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Yang dengan rahmat-Nya. Kali ini saya ingin memberi sedikit informasi informasi yang semoga saja bermanfaat bagi kalian semua.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Pramuka ? Ya, pasti sudah banyak dari kalian yang mengetahui apa itu Pramuka. Tetapi kali ini saya akan memperkenalkan pramuka lebih detail lagi.

Boy Scouts, adalah gerakan internasional berdirinya Boy Scout karena ingin menciptakan generasi muda menjadi generasi yang lebih baik. Gerakan ini bermula di Inggris pada tahun 1907 oleh Baden Powell, yang program dasar gerakannya diilhami oleh 2 organisai remaja yang telah terbentuk saat itu yaitu : Sons of Daniel Boone dan Woodcraft Indian.


 Gambar : Sons of Daniel Boone
lakeoftheozarksscoutreservation.org

Kepanduan sekarang sudah berkembang pesat lebih dari 140 negara di dunia. Organisasi kepanduan internasional adalah organisasi yang independen, walaupun independen tetap biasa ada pertemuan setiap 2 tahun sekali dalam Boys Scouts World Conference. Biro Kepanduan Sedunia (The Boys Scouts World Bureau) berada di Jenewa, Swizerland, berguna sebagai sekretariat organisai. Kegiatan pertemuan besar internasional yang disebut Jambore diadakan setiap 4 tahun sekali.


Gambar : Kepanduan Seluruh Dunia
adamswalk.com

Sejak dibentuk oleh Baden Powell di Inggris, maka berdiri organisai organisasi kepanduan di negara negara lainnya, seperti Amerika Serikat pada tahun 1910. Setiap pandu harus mengucapkan sumpah pandu, dan berusaha menjadi seorang yang “kuat jasmaninya, kuat mentalnya, dan baik moralnya”. Gerakan kepanduan tidak mempunyai hubungan khusus dengan dinas militer atau dinas yang lainnya.

Organisasi kepanduan adalah kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktunya di alam terbuka. Berkemah adalah salah satu program tetap suatu organisasi kepanduan. Program program lainnya antara lain meningkatkan keterampilan dalam bidang seni dan aktivitas lainnya. Motto para pandu adalah “Be Prepared”

Menurut Baden Powell “Kepramukan itu bukanlah suatu pengetahuan yang perlu dipelajari tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran ajaran dan naskah naskah dari suatu buku. Kepramukaan ialah sebuah permainan yang sangat asyik di tempat yang terbuak, tempat dimana orang tua dan anak anak pergi bersama, melakukan pengembaraan bagaikan adik kakak, menjaga kesehatan serta membuat kebahagian, keterampilan dan bersedia menolong bagi yang membutuhkannya."


Gambar : Pramuka di Alam Terbuka
pramukaupdate.wordpress.com

Dari penjelasan Baden Powell diatas, kita dapat mengambil keutusan bahwa “Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan” Kini banyak pembina yang telah melupakan hal yang paling mendasar, bahwa faktor pembinaan watak atau mental adalah harus sangat diperhatikan. 


Baca Juga : 
Sifat Kepramukaan dan Kepanduan
Fungsi Kepramukaan dan Kepanduan
Tujuan Gerakan Pramuka
Sejarah Munculnya Kepramukaan
Istilah Kepanduan di Seluruh Dunia
Kode Kehormatan Gerakan Pramuka
Pengertian Trisatya
Pengertian DasaDarma
Scout Promise dan Scout Law
Perilaku dalam DasaDarma
Pengertian Dwi Satya dan Dwi Darma
Buku Buku Baden Powell
Penghargaan Baden Powell
Warga Kehormatan Pada Baden Powell


     

No comments:

Post a Comment