Sunday, March 25, 2018

Sejarah Kepanduan | Pemburu Keong

Assalamu’alaikum wr.wb

Sejarah kepanduan tidak dapat dipisahkan dengan terbitnya buku Scouting For Boys, karena buku itulah yang pertama kali menyebabkan anak anak dan remaja beramai ramai bergabung dalam kegiatan alam terbuka yang dinamakan gerakan Gerakan Kepanduan atau Boy Scouts.


Buku Scouting for Boys ditulis oleh BP pada tahun 1908. Buku ini pertama kali diedarkan pada tanggal 15 Januari 1908, oleh penerbit Horace Cox, Windsor House, Bream’s Building, London E.C. Buku ini menjadi masterpiece yang terjual besar beasaran diseluruh dunia.

Selain mendirikan kepanduan putera BP juga mendirikan kepanduan untuk puteri dengan bantuan adik perempuannya yaitu Agnes Baden Powell. Yang kemudian dilanjutkan oleh Lady Baden Powell atau Olave.

Kepanduan siaga didirikan pada tahun 1916, dengan ilustrasi kegiatannya diambil dari buku yang terkenal karya Rudyard Kipling yaitu The Jungle Book. Kemudian Pada tahun 1918 BP mendirikan kepanduan untuk penegak. Untuk meningkatkan kualitas para penegak BP menulis buku Rovering To Success pada tahun 1922.


Selain itu BP juga menulis buku petunjuk untuk pembina pada tahun 1914 sampai 1919. BP menerima sebidang tanah dari salah satu sahabatnya yaitu William F. De Bois Mc. Laren untuk dipergunakan sebagai tempat bermain dan berlatih. Taman ini diberi nama Gilwell Park.

No comments:

Post a Comment