Sunday, March 11, 2018

Sejarah Munculnya Kepramukaan dan Kepanduan | Pemburu Keong

Assalamu’alaikum wr. wb

Bertemu lagi dengan saya, kali ini masih sama artikelnya masih berhubungan dengan kepramukaan. Sudah saya bilang tak ada bosannya saya memberikan informasi serta pengetahuan kepada kalian semuanya. Semoga kalian suka dengan artikel saya, saya pun akan senang jika kalian suka dengan artikel saya.

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya bagaimana sejarah munculnya kepramukaan. Nah pada kesempatan ini saya akan bahas tentang sejarah munculnya kepramukaan dan kepanduan.

Kepanduan adalah organisasi yang sangat membantu anak, remaja, serta kaum muda lainnya dalam perkembangan fisik, mental dan spiritual. Sebab perkembangan tersebut sangat penting jika mereka semua sudah mulai tumbuh dewasa. Perkembangan tersebut dapat mereka lakukan kepada masyarakat dengan catatan melakukan perilaku yang baik.


Gambar : Buku Scouting For Boys
wikipedia.com

Pada awal perkembangannya kepanduan terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Siaga (Cub Scout), Penggalang (Boy Scout) dan Penegak (Rover Scout) ketiga kelompok tersebut ditujukan untuk para pandu putra, tetapi di tahun 1910 organisasi Girl Guides dubentuk untuk pandu puteri terdiri dari Brownie Guide, Girl Guide and Girl Scout, Ranger Guide

Pada tahun 1906 dan 1907 Baden Powell, seorang Letnan Jendral Angkatan Darat Kerajaan Inggris menulis buku Scouting For Boys. Di musim panas 1907 Baden Powell mengadakan sebuah perkemahan di Pulau Brownsea, Inggrsis untuk menguji ide ide yang ada di dalam buku Scouting For Boys. Perkemahan ini dan perkemahan di Pulau Brownsea dianggap sebagai awal dari munculnya Kepanduan.


Gambar : Monumen Pulau Brownsea
bloggernyaanakpramuka.blogspot.com
Kepanduan menjalankan metode metode serta kegiatan informal diluar ruangan seperti berkemah, mendaki, olahraga semuanya dikemas dalam kegiatan yang menarik dan menantang. Salah satu ciri khas dari Kepanduan adalah sebuah seragam yang dikenakannya.

Adapun 2 organisasi yang membawahi para pandu sedunia yaitu World Organization of the Scout Movement (WOSM) ini untuk pandu putera, dan sedangkan untuk pandu puteri adalah World Association of Girl Guides and Girl Scout (WAGGGS)


Gambar : Logo WAGGGS
pinterest.com

Mungkin cukup sekian pengetahuan dan informasi tentang sejarah munculnya keprmukaan. Singkat saja mungkin nanti ada lagi informasinya yang akan saya posting. Semoga bermanfaat bagi kalian semuannya.


Baca Juga :

Pengertian Kepramukaan dan Kepanduan
Sifat Kepramukaan dan Kepanduan
Fungsi Kepramukaan dan Kepanduan
Tujuan Gerakan Pramuka
Istilah Kepanduan di Seluruh Dunia
Kode Kehormatan Gerakan Pramuka
Pengertian Trisatya
Pengertian DasaDarma
Scout Promise dan Scout Law
Perilaku dalam DasaDarma
Pengertian Dwi Satya dan Dwi Darma
Buku Buku Baden Powell
Penghargaan Baden Powell
Warga Kehormatan Pada Baden Powell

No comments:

Post a Comment